“Prestasi” Sampah di Indonesia Bikin Galau

Turun Tangan

15 Mar 2021

Pejuang tahu nggak kalau sampah plastik di Indonesia peringkat kedua sejagat bumi? Fakta tersebut bukanlah prestasi yang membanggakan dan cukup miris untuk kita dengar. Apa yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi menjadi seseorang yang berdampak dalam penyelamatan lingkungan?

Pejuang bisa ikut kegiatan kerelawanan di TurunTangan. TurunTangan punya banyak kegiatan dalam upaya mengurangi sampah yang mencemari lingkungan. Apa saja ya kegiatannya? Artikel ini akan mengupas kegiatan relawan TurunTangan daerah dalam bidang lingkungan khususnya penanggulangan sampah.

 1.      TurunTangan Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE CLEAN CITY

Gerakan ini sudah mengajak lebih dari 100 pemuda Lhokseumawe setiap tahunnya dan melibatkan banyak instansi, lembaga, maupun komunitas non-profit. Acara tahunan yang mengajak seluruh elemen masyarakat kota Lhokseumawe untuk terlibat dan terjun langsung dalam aksi pungut sampah.

 2.      TurunTangan Yogyakarta

RESIK PANTAI

Gerakan ini sudah menyentuh dua pantai di Yogyakarta. Para relawan TurunTangan Yogyakarta membantu membersihkan sampah non-organik yang ada di sekitar pantai selatan Yogyakarta. Selain acara bersih-bersih pantai, sosialisasi di tengah kampung tentang bahaya membuang sampah plastik sembarangan  dan penyerahan bantuan sosial juga dilakukan oleh para relawan.

 

3.      TurunTangan Ambon

AKSI BERSIH KOTA

Relawan TurunTangan Ambon menemukan fakta bahwa salah satu permasalahan di Ambon adalah lingkungan, kemudian lahirlah gerakan Aksi Bersih Kota yang menjadi salah satu cara untuk turut serta mengatasi masalah lingkungan di Kota Ambon. Relawan TurunTangan Ambon melakukan aksi pembersihan dengan memungut sampah langsung di jalan sekitar Kota Ambon.

 

4.      TurunTangan Cirebon

SALING (SADAR LINGKUNGAN)

Saling Mengingatkan, Saling TurunTangan. Gerakan Saling ada karena keresahan relawan TurunTangan Cirebon melihat banyak sampah yang berserakan di ruang terbuka Kota Cirebon. Gerakan ini dilakukan dengan cara membersihkan sampah-sampah yang berserakan dan sedikit memberikan edukasi kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Minggu di CFD area stadion Bima.

 5.      TurunTangan Palu

JAGA LINGKUNGANKU

Relawan TurunTangan Palu membersihkan sampah di Jalan Manggis, Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat. Lokasi ini adalah titik likuefaksi pada 28 September 2018. Menurut keterangan relawan TurunTangan Palu, di lokasi tersebut banyak mayat yang belum ditemukan tapi saat ini sudah dijadikan tempat pembuangan sampah walaupun sudah tertulis larangan membuang sampah. Oleh karena itu, relawan TurunTangan Palu turun tangan untuk membersihkan lokasi tersebut.

 6.      TurunTangan Donggala

MEMPERINGATI HPSN 2021

TurunTangan Donggala juga memperingati HPSN dengan mengadakan kegiatan pembersihan di Kelurahan Kabonga Besar pada Senin, 22 Februari 2021 dimulai dari pukul 14.00 WITA. TurunTangan Donggala dengan warga setempat berkolaborasi untuk membersihkan daerah pemukiman di sekitar TPA. Kegiatan ini didasari oleh keresahan TurunTangan Donggala terhadap kesehatan dan lingkungan hidup warga di sekitar TPA. Warga mengatakan bahwa sudah jarang sekali Dinas Kesehatan maupun Dinas yang berhubungan dengan lingkungan turun untuk memperhatikan warga.

 

7.      TurunTangan Medan

ONE MOMENT ONE ACTION

Kegiatan ini adalah buah kolaborasi dari TurunTangan Medan dengan aplikasi kepul.id. Aplikasi ini adalah aplikasi jual sampah pertama di Kota Medan. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, mereka memberikan hadiah untuk orang-orang yang menunjukkan aksi peduli sampah melalui sosial media. Kegiatan ini adalah bentuk seruan mereka untuk masyarakat agar lebih sadar akan lingkungan sekitarnya.

Bagi Pejuang yang ingin bergabung dan berkontribusi bersama mereka, bisa hubungi instagram TurunTangan Daerah tersebut, ya!