TurunTangan Binjai - Gerakan Literasi Sekolah

Gerakan Literasi Sekolah merupakan project yang bertujuan untuk membangun kreativitas sekolah dengan memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan minat dan bakat siswa. Project ini diinisiasikan sejak awal tahun 2019 dan berlatar belakang karena belum maksimalnya kreativitas guru dalam proses belajar mengajar khususnya dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Sasaran dari project ini adalah guru-guru penggerak yang menjadi perwakilan sekolah untuk diberikan pelatihan, dengan harapan dapat melanjutkan ilmu yang sudah diberikan kepada siswa-siswa di sekolah mereka masing-masing.

Pihak yang terlibat dalam project ini terdiri dari:

1.      20 Sekolah Dasar 

2.      KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada)

3.      Dinas Pendidikan

4.      Komunitas Literasi

5.      KBKC (Komunitas Binjai Kota Cerdas)

6.      Sponsorship

7.      Pengusaha Cafe

Jenis seni yang diajarkan kepada perwakilan guru tersebut terdiri dari  seni tari, musik, vokal, teater, menulis cerpen, membuat komik, pidato, musikalisasi puisi, dongeng, dan pantomim yang nantinya akan disesuaikan kembali dengan kemampuan guru untuk diterapkan di sekolahnya masing-masing.

Sebagai bentuk apresiasi, akan diadakan panggung kreativitas yang pelaksanaanya dilakukan dua minggu sekali bertempat di sebuah cafe untuk menampilkan hasil latihan para siswa yang telah diajarkan oleh guru di sekolah masing-masing.

Tantangan terbesar dalam project ini adalah terkait konsistensi semangat guru-guru di sekolah untuk ikut melaksanakan project ini. Namun, terlepas dari tantangan yang ada, harapannya setiap sekolah dapat memiliki kreativitas masing-masing dalam pengembangan minat dan bakat siswa.